Pages

Jumat, 10 Januari 2014

Kiat Memilih Perguruan Tinggi



 
Masa pendaftaran tahun ajaran baru perguruan tinggi negeri dan swasta telah dimulai. Bagi para siswa SMA/Sederajat yang dinyatakan lulus Ujian Nasional dan mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, saat ini ia sudah bisa mendaftar sebagai calon mahasiswa ke kampus yang diinginkan. Sayangnya, setiap menjelang masa pendaftaran mahasiswa baru, tidak sedikit para lulusan SMA mengalami kebingungan untuk menentukan atau memilih perguruan tinggi sebagai tempat kuliahnya.
Nah, bagi kalian yang ingin menimba ilmu di perguruan tinggi tapi masih bingung, coba perhatikan kiat-kiat berikut untuk mengatasinya.

Sesuaikan dengan keinginan/ minat diri
Hal utama yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan dengan keinginan/minat/bakat anda. Sebelum menentukan pilihan, coba anda kenali dan dalami diri sendiri dengan baik untuk menggali minat/bakat anda. Alangkah lebih baik jika anda memilih program studi/jurusan yang sesuai dengan minat/bakat anda. Hal itu untuk mempermudah dan memperlancar proses perkuliahan anda hingga lulus. Anda tidak perlu ikut-ikutan memilih program studi/jurusan seperti teman-teman yang lain bila tidak sesuai dengan minat anda.

Reputasi universitas
Setelah anda menentukan pilihan program studi/jurusan yang sesuai dengan minat sendiri, maka langkah selanjutnya adalah memilih universitas (kampus) yang memiliki program studi tersebut. Dalam memilih kampus anda harus memperhatikan beberapa hal yaitu, akreditasi, tenaga pengajar, dan fasilitas yang tersedia apakah baik atau tidak. Ketiga hal tersebut bisa menentukan prospek masa depan anda setelah lulus kuliah. Informasi ini bisa dilihat dari brosur-brosur pendidikan dan melalui situs resmi universitas.

Pertimbangkan biaya studi
Biaya pendidikan perlu dipertimbangkan oleh calon mahasiswa. Bila program studi dan universitas yang anda inginkan ternyata biaya kuliahnya mahal, maka coba anda bicarakan dengan orangtua. Sebab selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi, biaya yang dibutuhkan cukup banyak. Selain membayar uang kuliah setiap semester, anda juga akan mengeluarkan uang untuk mengerjakan tugas-tugas perkuliahan seperti membuat makalah, laporan, seminar, praktikum, dan lainnya. Namun anda tidak perlu terlalu khawatir menghadapi biaya kuliah karena sekarang banyak lembaga/institusi pemerintah dan swasta serta dunia usaha yang memberikan beasiswa. Untuk mendapatkan beasiswa biasanya kategori yang diminta harus berasal dari keluarga tidak mampu dan berprestasi.

Lokasi/ Tempat
Bagi sebagian orang jarak lokasi atau tempat kuliah dari tempat tinggal tidak menjadi permasalahan serius. Namun bagi sebagian yang lain, jarak antara tempat kuliah dengan tempat tinggal patut dipertimbangkan. Sebab semakin jauh jarak lokasi tempat studi dengan tempat tinggal maka hal itu akan berpengaruh terhadap biaya hidup mahasiswa. Biaya hidup ini termasuk transportasi, kos, makan, minum dan kebutuhan lainnya. Apalagi jika kampus berada di luar kota dan ditempuh dengan cara pulang-pergi setiap hari, tentulah akan sangat melelahkan yang akan mempengaruhi konsentrasi belajar-nya.

Prospek ke depan
Sudah menjadi alasan umum jika meneruskan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi adalah sebagai sarana agar bisa mendapatkan posisi atau jabatan yang lebih tinggi saat bekerja nanti. Dan keahlian yang paling dibutuhkan perusahaan biasanya akan menjadi program studi paling favorit. Namun yang perlu disadari bahwa pada program studi favorit pasti peminat dan jumlah mahasiswanya sangat banyak, sementara lapangan pekerjaan yang tersedia tidak cukup memadai. Dalam hal ini akan membutuhkan kejelian calon mahasiswa dalam memilih program studi yang akan diambil. Saat ini tidak sedikit lulusan perguruan tinggi favorit yang memilih program studi favorit malah menganggur karena kalah dalam bersaing.
Demikian beberapa kiat yang patut diperhatikan oleh calon mahasiswa dalam memutuskan pilihan perguruan tinggi dan program studi yang akan diambilnya. Namun yang paling penting yang harus dimiliki adalah niat. Jika niat sudah besar ditambah tekad yang bulat, meskipun ada kendala apapun (termasuk biaya), maka orang tersebut akan berusaha mencari solusi untuk bisa masuk ke perguruan tinggi pilihannya. Selamat berjuang untuk meraih masa depan yang lebih baik.

]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar