Pages

Jumat, 10 Januari 2014

10 Langkah Jadi Guru Ideal dan Inovatif (babII)

6.       Bertahap
Seorang guru harus menyampaikan materi pelajaran secara urut, tidak meloncat-loncat. Ketika mengajar, guru harus arif dan bijaksana. Jangan memberikan semua pengalaman dan ilmu kepada peserta didik dalam satu kesempatan. Namun guru harus memberikan pengalaman dan ilmu sedikit demi sedikit agar siswa bisa menerimanya dengan baik. Sebab jika diberikan sekaligus akan mudah hilang. Pemberian materi secara bertahap ini layaknya peristiwa turunnya Alquran. Alquran diturunkan selama 23 tahun, tidak langsung 30 juz dalam sehari. Hal ini untuk memudahkan Nabi dan para sahabat memahami secara bertahap ajaran yang diturunkan Allah melalui Alquran.
7.       Mempunyai variasi pendekatan
Dalam proses belajar-mengajar, seorang guru harus mempelajari banyak pendekatan pengajaran. Dengan menguasai pendekatan pengajaran yang banyak, proses belajar-mengajar dapat berjalan secara variatif, tidak monoton dan selalu segar. Seorang guru bisa menggunakan beberapa pendekatan dalam proses belajar-mengajar yaitu, ceramah, dialog interaktif, micro teaching, klub diskusi, small groups, dan menggolongkan murid. Bila seorang guru hanya fanatik pada satu pendekatan saja, maka siswa akan merasa bosan dan lelah. Para siswa akan menganggap pembelajaran berlangsung secara monoton, tidak menarik, dan selalu membebani pemikiran, sehingga mereka tidak konsentrasi terhadap materi yang disampaikan.
8.       Tidak memalingkan materi pelajaran
Dalam mengajar, seorang guru harus berkonsentrasi penuh pada satu arah, satu target, dan satu tujuan yang dicanangkan, sehingga hasilnya bisa maksimal. Untuk itu, guru harus membuat rencana pembelajaran, target pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Selain itu, guru juga perlu memiliki catatan pribadi yang memuat materi yang telah disampaikan, pertanyaan-pertanyaan siswa yang belum terjawab, dan hal-hal lain yang menyangkut materi pelajaran yang disampaikan.
9.       Tidak terlalu menekan dan memaksa
Seorang guru harus berusaha untuk mengajar secara alami, tidak terlalu menekan dan memaksa siswa. Sebab bila guru memaksa dan menekan siswa, efeknya tidak positif bagi perkembangan psikologisnya. Seorang guru harus bisa menyelami psikologis anak didik, memberikan materi secara mengalir sesuai falsafah air yang mengalir secara pelan, mampu menerobos hal-hal sulit dan merobohkan hal-hal besar dengan ketekunan, kerajinan dan kesungguhan. Bila ada tekanan dan paksaan maka kegiatan belajar-mengajar tidak bisa berjalan menyenangkan. Idealisme seorang guru harus ditunjang dengan kearifan, kebijaksanaan, dan kecerdasan dalam membangkitkan semangat belajar siswa. Guru harus bisa merekayasa suasana, sehingga secara tidak terasa anak didik yang justru berinisiatif meminta guru menambah dan melanjutkan pelajaran. Disinilah letak kesuksesan guru, inisiatif dating dari siswa, bukan dari guru.
10.   Humoris tapi serius
Salah satu ciri guru ideal adalah berwatak dinamis, kompetitif, tapi juga humoris. Di tengah kepenatan pikiran, keletihan fisik, dan kebosanan berpikir, humor sangat diperlukan. Dengan selera humor yang tinggi, seorang guru bisa memecah suasana yang menjenuhkan, menghilangkan kepenatan dan menyegarkan pikiran siswa. Setelah kepenatan dan keletihan siswa hilang, guru bisa memulai pelajaran. Namun humor tidak boleh berlebihan apalagi sampai mengganggu konsentrasi lingkungan belajar. Humor ini bukan tujuan tapi sekedar alat untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan kepenatan berpikir. Seorang guru bisa memberikan humor-humor yang mendidik yang bisa menggugah semangat belajar, memberikan motivasi dan inspirasi para siswa agar memiliki cita-cita yang tinggi.
Sepuluh indikator guru ideal dan inovatif tersebut sangat penting dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam rangka mempersiapkan anak didik yang siap bersaing dalam kompetisi terbuka di era global saat ini dan yang akan dating.

Sumber: Jamal Ma’mur Asmani, Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif, Jogjakarta: 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar