Pages

Minggu, 22 Desember 2013

Guru Kunci Utama Masalah Pendidikan di Indonesia

Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan menilai guru merupakan ujung tombak masalah kualitas pendidikan di Indonesia. Menurutnya, bila kunci utama masalah ini dapat terselesaikan maka dunia pendidikan Indonesia akan lebih baik.
Ia mengemukakan ada tiga masalah terkait guru di Indonesia yaitu distribusi penempatan guru yang tidak merata, kualitas guru yang juga tidak merata, serta kesejahteraan guru yang tidak memadai.
“Bila masalah ini dapat diatasi, saya yakin kualitas pendidikan di Indonesia akan semakin baik. Tapi kalau ini dibiarkan, mau kurikulumnya diganti atau bangunannya diperbaiki, tetap saja tidak akan ada efeknya karena nomor satu yang harus diperbaikin adalah manusianya,” katanya di Jakarta, Senin(16/12/2013).
Ia menyayangkan fokus utama pemerintah saat ini hanya membenahi masalah yang ada di hulu seperti kurikulum atau undang-undang, sementara masalah di hilir yaitu guru tidak tersentuh.
“Penyesuaian kurikulum memang penting, tapi yang lebih mendesak dan menjadi ujung tombaknya adalah menyelesaikan masalah-masalah terkait dengan guru. Karena kurikulum yang bagus bisa tidak ada artinya bila disampaikan oleh guru dengan sederetan masalah yang dihadapinya,” tegasnya.
Menurut dia besarnya jumlah penduduk muda Indonesia yang sering disebut sebagai bonus demografi bisa menjadi bom waktu. “Bayangkan jika jumlahnya banyak tapi tidak terdidik, itu akan menjadi bom waktu yang membahayakan bagi masa depan Indonesia,” ungkap dia.[as]
Sumber: Beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar